No Widgets found in the Sidebar
Selain Sumpah Pemuda, 28 Oktober Juga Diperingati Sebagai Hari Cokelat Nasional

Jakarta Tak banyak yang tahu, selain Sumpah Pemuda, 28 Oktober juga diperingati sebagai Hari Cokelat Nasional. Hari ini dirasa penting bagi kalian yang mengaku sebagai pecinta cokelat.

Dilansir laman resmi National Day Calender, cokelat diakui sebagai salah satu selera dunia, sehingga 28 Oktober dijadikan sebagai hari cokelat nasional. Meski banyak perayaan hari libur khusus terkait cokelat di sepanjang tahun, namun 28 Oktober ini sebagai hari cokelat nasional yang merayakan semua hal terkait cokelat.

Di Amerika, cokelat mendapatkan hari khusus yaitu antara 7 Juli atau 28 Desember yang ditetapkan sebagai hari cokelat internasional. Cokelat berasal dari biji pohon kakao Theobroma tropis. Manusia telah membudidayakan kakao selama tiga abad. Tanaman ini tumbuh di Meksiko, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan Bagian Utara. Sejarawan mendokumentasikan penggunaan biji kakao paling awal yang diketahui sekitar 1100 SM.

Rasa kakao pahit, membutuhkan fermentasi untuk mengembangkan rasa. Setelah difermentasi, kacang dikeringkan, dibersihkan, dan dipanggang. Setelah dipanggang, cangkang dikeluarkan untuk menghasilkan biji kakao. Ujung kakao kemudian digiling menjadi massa kakao, yaitu cokelat murni dalam bentuk kasar.

Massa kakao biasanya dicairkan kemudian dicetak dengan atau tanpa bahan lain. Pada titik ini dalam proses, itu disebut minuman keras cokelat. Minuman keras cokelat kemudian dapat diolah menjadi dua komponen kakao padat dan mentega kakao.

Beberapa Jenis Cokelat

Berikut beberapa jenis cokelat yang mungkin belum banyak yang tahu:

Unsweetened baking chocolate bentuk padat kakao dan mentega kakao dalam berbagai proporsi.
Sweet chocolate: bentuk padat kakao, mentega kakao atau lemak, dan gula.
Milk chocolate: cokelat manis dengan susu bubuk atau susu kental.
White chocolate: mentega kakao, gula, dan susu tetapi tidak ada padatan kakao sehingga berwarna putih.

Cara Merayakan Hari Cokelat Nasional

Berikut cara merayakan hari cokelat nasional:

Kunjungi restoran favorit kalian
Pesan hidangan penutup (dessert) cokelat yang lezat
Mengadakan pesta mencicipi cokelat

cara membuat cokelat karakter kartun adalah sebagai berikut:

Alat dan Bahan:

  • Sediakan cokelat collata atau tullip secukupnya
  • Rainbow cokelat batang mercolade
  • Plastik untuk wraping
  • Plastik berbentuk segitiga
  • Cetakan cokelat karakter berbagai bentuk

Cara membuat coklat karakter tokoh kartun:

  1. Tim atau kukus cokelat warna-warni. Jangan lupa juga tim beberapa warna cokelat, letakkan pada plastik segitiga lalu sisihkan.
  2. Selanjutnya lelehkan cokelat, setelah meleleh letakkan pada plastik segitiga. Buat 2 buah lapisan untuk lapisan karakter dan membentuk mata.
  3. Semprotkan cokelat warna-warni ke dalam sebuah cetakan yang disesuaikan dengan garis karakternya. Setelah itu masukkan ke dalam kulkas hingga sedikit mengeras.
  4. Selanjutnya, beri lapisan cokelat dengan DCC. Dinginkan di dalam kulkas selama kurang lebih 15 menit lalu keluarkan dari cetakan.
  5. Susun cokelat di atas wadah yang telah dilapisi dengan tisu. Diamkan selama seharian agar coklat mengering.
  6. Nantinya setelah kering bungkus dengan wraping dan tata di dalam toples.
  7. Cokelat karakter siap untuk disajikan.

Baca Juga:

By admin