No Widgets found in the Sidebar
7 Film Terlaris Sepanjang Masa, Untung Hingga Triliunan Rupiah!

Film terlaris sepanjang masa berhasil memikat banyak penonton hingga meraup keuntungan yang fantastis di akhir penayangan. Beberapa bahkan mencetak rekor dan mengantongi banyak penghargaan bergengsi.

Banyaknya penghargaan yang diraih dan tingginya angka penonton secara tidak langsung menunjukkan bahwa kualitas film yang diproduksi sudah memenuhi standar dan ekspektasi penonton pada berbagai aspek.

Misalnya dari segi pemilihan aktor, sinematografi yang apik, hingga plot yang tidak terduga. Berbagai faktor inilah yang kemudian membuat film dikemas dengan sempurna dan membuat penonton terkesima.

Nah, jika kamu penasaran apa saja film yang berhasil meraup keuntungan terbesar sepanjang sejarah, langsung saja simak daftar film terlaris sepanjang masa yang sudah Jaka siapkan di artikel ini!

1. Avengers: End Game (2019)

Avengers: End Game masuk dalam daftar 100 film terlaris sepanjang masa dan menempati urutan pertama. Film ini mengisahkan perjuangan Avengers yang berusaha memulihkan alam semesta. Mereka melawan rival utama Thanos (Josh Brolin).

Beberapa Avengers seperti Captain America (Chris Evans), Black Widow (Scarlett Johansson), Thor (Chris Hemsworth), hingga Captain Marvel (Brie Larson) meramaikan sekuel film Marvel terbaik yang satu ini.

Film garapan Joe dan Anthony Russo ini pun menjadi salah satu film dengan keuntungan terbesar di dunia. Bagaimana tidak, pada akhir penayangan, film ini berhasil mengantongi 2,796 miliar dollar AS atau setara Rp40 triliun.

Detail Keterangan
Tayang 25 April 2019
Durasi 3 jam 1 menit
Sutradara Anthony Russo, Joe Russo
Pemain Robert Downey Jr., Chris Evans, Mark Ruffalo
Genre Action, Adventure, Sci-Fi
Rating 8.4 (IMDb.com)

2. Avatar (2009)

Selanjutnya ada Avatar, film terlaris sepanjang masa yang berada di urutan kedua. Film garapan James Cameron ini mendapat banyak penghargaan berkat efek visual dan penggunaan teknik shooting motion capture.

Film Avatar menceritakan kehidupan di masa depan pada tahun 2154 masehi. Film ini mengambil latar sebuah tempat bernama Pandora yang atmosfernya beracun bagi manusia dan dihuni oleh suku Na’vi.

Film dengan CGI termahal ini pun mengeruk keuntungan fantastis, yakni sekitar 2,789 dollar AS atau setara Rp40 triliun. Penghasilan yang didapat memang nyaris menyusul keuntungan Avengers: End Game.

Detail Keterangan
Tayang 18 Desember 2009
Durasi 2 jam 42 menit
Sutradara James Cameron
Pemain Sam Worthington, Zoe Saldana, Sigourney Weaver
Genre Action, Adventure, Fantasy
Rating 7.8 (1.051.884) (IMDb.com)

3. Titanic (1997)

Titanic (1997) adalah salah satu film terlaris sepanjang masa yang sering diputar di stasiun televisi tanah air. Lagi-lagi James Cameron yang menjadi sutradara untuk film romantis terbaik satu ini.

Film Titanic menceritakan sepasang kekasih, Jack Dawson (Leonardo Di Caprio) dan Rose DeWitt (Kate Winslet), yang berakhir tragis karena keduanya harus terpisah saat kapal yang mereka tumpangi karam.

Dengan kisah yang penuh liku dan air mata, film Romantic-Tragedy dengan durasi 195 menit ini pun sukses mengantongi keuntungan hingga 2,196 miliar dollar AS atau setara dengan Rp32 triliun.

Detail Keterangan
Tayang 19 Desember 1997
Durasi 3 jam 14 menit
Sutradara James Cameron
Pemain Leonardo DiCaprio, Kate Winslet, Billy Zane
Genre Drama, Romance
Rating 7.8/10 (IMDb.com)

4. Star Wars: The Force Awakens (2015)

Star Wars: Episode VII – The Force Awakens (2015) menceritakan kisah Rey (Daisy Ridley) yang bergabung dengan Han (Harrison Ford) dan Leia (Carrie Fisher) dalam melawan ancaman pasukan First Order.

Film garapan J. J. Abrams ini juga mengisahkan Luke Skywalker (Mark Hamill) sebagai Jedi terakhir. Ia diancam akan dimusnahkan oleh Organisasi First Order yang bangkit kembali setelah kehancuran Galactic Empire.

Star Wars: The Force Awakens merupakan film dari seri Star Wars pertama yang mendapat keuntungan terbesar. Film ini mengantongi 2,068 miliar dollar AS atau setara dengan Rp30 triliun.

Detail Keterangan
Tayang 18 Desember 2015
Durasi 2 jam 15 menit
Sutradara J.J. Abrams
Pemain Daisy Ridley, Adam Driver, Harrison Ford, dkk
Genre Action, Adventure, Sci-Fi
Rating 7.9/10 (IMDb.com)

5. Avengers: Infinity War (2018)

Avengers: Infinity War (2018) garapan Kevin Feige ini menceritakan perjuangan pasukan Avengers melawan Thanos (Josh Brolin) yang berambisi menghancurkan kehidupan di seluruh jagat raya.

Untuk memuluskan jalannya, Thanos membutuhkan enam Infinity Stone yang mempunyai kekuatan tertinggi dan tersebar di seluruh jagat raya. Para Avengers pun harus bisa menghentikan Thanos.

Film superhero terbaik ini merupakan salah satu crossover paling ambisius yang menampilkan banyak aktor papan atas dalam satu frame. Kesuksesan film ini dibuktikan dengan keuntungan 2,048 miliar dollar AS atau Rp29,9 triliun.

Detail Keterangan
Tayang 25 April 2018
Durasi 2 jam 29 menit
Sutradara Anthony Russo, Joe Russo
Pemain Robert Downey Jr., Chris Hemsworth, Mark Ruffalo
Genre Action, Adventure, Sci-Fi
Rating 8.5/10 (IMDb.com)

6. Jurassic World (2015)

Jurassic World (2015) menampilkan dua bersaudara Zach Mitchell (Nick Robinson) dan Gray Mitchell (Ty Simpkins) saat mengunjungi Jurassic World, sebuah taman hiburan dinosaurus di Isla Nublar.

Mereka mendapatkan privilege karena bibi mereka Claire Dearing (Bryce Dallas Howard) adalah manajer operasinya. Namun karena kesalahan, salah satu dinosaurus dengan spesies berbahaya lepas dari kandangnya.

Film keempat dari serial film Jurassic Park yang dimulai tahun 1993 ini tayang dengan durasi 124 menit. Di akhir masa penayangan, Jurassic World berhasil mengeruk 1,671 dollar AS atau setara Rp24,3 triliun.

Detail Keterangan
Tayang 10 Juni 2015
Durasi 2 jam 4 menit
Sutradara Colin Trevorrow
Pemain Bryce Dallas Howard, Chris Pratt, Nick Robinson
Genre Adventure, Sci-Fi
Rating 6.9/10 (IMDb.com)

7. The Lion King (2019)

Terakhir, ada film The Lion King (2019) yang diproduksi oleh Walt Disney Pictures. Film ini merupakan remake animasi komputer fotorealistis dari film tahun 1994 dengan judul yang sama.

Film ini menceritakan kisah Simba, anak singa yang memiliki mimpi untuk menjadi raja singa seperti ayahnya, Mufasa. Namun mimpinya terhalang oleh pamannya yang licik dan berniat merebut tahta raja singa.

Film petualangan yang disutradarai oleh Jon Favreau ini pun menjadim salah satu box office yang berhasil meraup keuntungan sebesar 1,65 miliar dollar AS atau setara dengan Rp24,2 triliun.

Detail Keterangan
Tayang 7 July 2019
Durasi 1 jam 58 menit
Sutradara Jon Favreau
Pemain Donald Glover, Beyonce, Seth Rogen
Genre Animation, Adventure, Drama
Rating 6.9/10 (IMDb.com)

Daftar Film Terlaris Sepanjang Masa 2022

  1. Avengers: End Game (2019)
  2. Avatar (2009)
  3. Titanic (1997)
  4. Star Wars: The Force Awakens (2015)
  5. Avengers: Infinity War (2018)
  6. Jurassic World (2015)
  7. The Lion King (2019)

By admin