No Widgets found in the Sidebar
8 Fakta Menarik tentang Film Pengabdi Setan 2 Communion

Sudah menonton Pengabdi Setan 2: Communion dan masih obsessed dengan cerita yang terdapat di dalam film tersebut? You’re not alone! Cosmo juga masih terobsesi dengan kisah para Pengabdi Setan yang dibuat oleh Joko Anwar, film maker yang sudah tidak diragukan lagi kemampuannya dalam menciptakan kisah yang out of the box.

Setelah lima tahun menunggu kelanjutan cerita dari keluarga Bapak, Rini, Toni dan juga Bondi, kini Joko Anwar kembali menghadirkan jawaban-jawaban dari film Pengabdi Setan yang terdahulu. Pembuatan film ini ternyata memakan waktu yang cukup lama dan proses yang penuh effort, lho. Penasaran dengan fakta-fakta menarik di balik pembuatan film, maupun di dalam cerita film Pengabdi Setan 2: Communion? Yuk, simak tulisan berikut. Buat kamu yang belum menonton, tidak perlu takut, there is no spoiler!

1. Rumah susun yang sudah belasan tahun tidak ditinggali

Setelah lokasi rumah di Pengabdi Setan 1 menjadi viral dan berubah menjadi “tempat wisata” yang bisa dikunjungi, sekarang lokasi rumah susun di Pengabdi Setan 2 juga tengah ramai dibicarakan.

Rumah susun ini merupakan hasil usulan dari salah satu twitter follower Joko Anwar, yang berlokasi di daerah Bekasi. Rumah susun ini merupakan proyek yang tidak selesai dan kosong selama lebih dari 13 tahun. Bisa dibayangkan, dong, suasananya seperti apa? Para kru berhasil menambahkan desain interior yang cocok dengan latar belakang tahun 80-an serta konstruksi yang lebih aman demi menjalankan syuting di sana. Kudos for them! Psst.. Kabarnya lantai 7 rumah susun ini tidak boleh didatangi karena “penunggu” di lantai tersebut yang tidak suka diganggu.

2. Ratu Felisha merupakan pemain pilihan utama Joko Anwar

Siapa di antara kamu yang sudah menonton Pengabdi Setan 2 dan suka dengan karakter Tari yang diperankan oleh Ratu Felisha? Karakter perempuan yang feisty, penuh percaya diri, tak takut dengan cat-calling ini adalah ciptaan Joko Anwar yang memang sedari awal ingin diberikan kepada Ratu Felisha.

Menurutnya, Ratu Felisha memiliki karakter yang juga penuh percaya diri dan sangat cocok untuk memerankan Tari. Bahkan, bisa dikatakan Ratu Felisha tidak melalui proses casting untuk mendapatkan peren ini karena Joko Anwar sudah membayangkan bahwa harus dirinya lah yang memerankan Tari.

“Saat pertama kali bertemu dan diskusi dengan Bang Joko, saya diminta untuk berpura-pura memerankan penghuni kos-kosan yang sedang protes kepada pemilik kos karena barang-barang saya hilang dicuri” begitu ujar Ratu Felisha dalam sebuah interview.

3. Setiap pemain utama, pendukung maupun figuran memiliki kisah hidup masing-masing

Penasaran nggak, sih, dengan para karakter penghuni rumah susun di Pengabdi Setan 2? Ternyata, Joko Anwar secara khusus mendesain cerita hidup untuk setiap karakter yang terdapat di film ini, baik yang memiliki dialog hingga tidak memiliki dialog sekalipun.

“Bagian paling memakan waktu dalam pembuatan Pengabdi Setan 2 adalah desain karakter. Saya mendesain cerita hidup setiap karakter sedari mereka lahir, tinggal di mana, zodiak nya apa, setiap kejadian penting yang terjadi di hidup mereka, sampai bagaimana seluruh milestones itu bisa membentuk karakter mereka yang masing-masing unik dan berbeda,” ujar Joko Anwar dalam sebuah wawancara di kanal YouTube milik Tempo.

Bahkan, sebelum shooting, para kru tidak membahas secara detail mengenai dialog dan naskah film, melainkan diberikan character sheet untuk mendalami setiap karakter yang sudah didesain jalan hidupnya tersebut. No wonder, karakter-karakter yang terdapat di film ini terasa real dan “hidup”, mulai dari sang ustadz, kakek nenek yang hidup bersama hingga para anak-anak kecil.

4. Adegan banjir asli dan tidak menggunakan CGI

Di dalam film, diceritakan bahwa terjadi hujan dan badai sehingga banjir menyelimuti rumah susun. Ternyata, banjir di dalam film tersebut asli dan bukan hasil rekayasa CGI, lho. Bahkan, dibutuhkan 30 mobil tank air atau sekitar 150.000 liter air untuk menciptakan adegan banjir di rusun Pengabdi Setan 2. Bahkan, adegan ini melibatkan equipment yang cukup rumit dan koordinasi dengan Tim SAR.

5. Mantra untuk ritual pengabdi setan adalah mantra asli

Ingat dengan mantra yang terdengar di film Pengabdi Setan 1 dan 2 ketika para pengabdi setan melakukan ritual di akhir film? Joko Anwar bercerita melalui Twitter Space miliknya bahwa mantra tersebut bukanlah rekayasa. Yes, mantra tersebut adalah mantra kuno asli yang digunakan untuk memanggil makhluk halus. Hanya saja, para aktor membacakan mantra tersebut secara terbalik di film.

6. Topeng yang didesain menurut hierarki

Para pengabdi setan diceritakan menggunakan jubah hitam dan topeng di dalam film Pengabdi Setan pertama dan kedua. Ternyata, terdapat beberapa desain topeng yang dibuat menurut hierarki atau jabatan para karakter dalam organisasi pengabdi setan tersebut. Wah, jadi penasaran. Ternyata terdapat cerita yang lebih dalam mengenai organisasi gelap tersebut, ya.

7. Represi perempuan yang diceritakan melalui film horor

Pernah terlintas di pikiranmu nggak, sih, mengapa kebanyakan film horor mengangkat hantu perempuan? Ternyata, Joko Anwar ingin mengangkat represi yang terjadi terhadap para perempuan di masyarakat Indonesia. Contohnya mengenai sosok Ibu yang digambarkan sangat ingin memiliki anak karena tuntutan sosial dan keluarga, sampai harus menjalani ritual mistis untuk mendapatkan keturunan. Joko Anwar ingin mengangkat kenyataan yang terjadi terhadap perempuan melalui film-film yang dibuatnya, termasuk dalam film horor ini.

8. Joko Anwar mengonfirmasi rencana adanya Pengabdi Setan universe

Melalui siaran Twitter Space milik Joko Anwar tanggal 18 Augustus lalu, Ia mengonfirmasi adanya rencana untuk melanjutkan cerita Pengabdi Setan menjadi sebuah jagad atau Pengabdi Setan universe. Di film selanjutnya, akan ada jawaban-jawaban dari teka-teki pertanyaan film sebelumnya yang bisa dipastikan mindblowing. Tetapi, bersiap-siap akan munculnya pertanyaan-pertanyaan baru juga ya, karena ini akan menjadi tradisi cerita Pengabdi Setan. Wah, semoga film selanjutnya bisa segera dibuat ya!

Baca Juga :

By admin