No Widgets found in the Sidebar
5 Tips Menata Ruang TV Minimalis, biar Makin Nyaman Nonton bareng Keluarga

Nonton film, acara hiburan, atau pertandingan bola bersama keluarga jadi salah satu agenda rutin yang sering dilakukan saat waktu senggang. Setelah melakukan berbagai kegiatan padat di luar rumah, nonton bersama keluarga bisa jadi hiburan tersendiri yang mengusir penat.

Namun, demi acara nonton bersama keluarga yang lebih nyaman, jangan lupa lakukan penataan ruangan yang tepat. Hal ini penting, terlebih bagi pemilik rumah minimalis dengan space ruang TV yang terbatas. Bukan berarti nggak bisa nonton dengan nyaman, ini beberapa trik yang perlu diperhatikan.

Sesuaikan Ukuran TV dengan Space di Rumah

Banyak nih yang terobsesi punya TV ukuran besar demi nonton yang lebih puas. Tapi, perhatikan juga proporsi ruangan yang ada. Hal pertama yang perlu dipertimbangkan adalah menyesuaikan ukuran TV dengan space yang ada di rumah.

TV yang terlalu besar di ruangan yang space-nya nggak terlalu lebar hanya akan membuat rasa tidak nyaman selama menonton. Jarak pandang jadi terlalu dekat yang tentunya tidak baik juga untuk kesehatan mata. Jadi, pastikan perhatikan ukuran TV yang sesuai dengan ruangan yang ada di rumah ya!

Sesuaikan Ketinggian dan Tata Letaknya

Selain besar TV dan jarak pandang, hal lain yang juga ikut mempengaruhi kenyamanan ruang TV di rumah adalah tata letaknya. Ketinggian TV yang nggak pas juga bisa membuat orang-orang yang menonton jadi nggak nyaman. Lalu, seperti apa sih ketinggian TV yang ideal di dalam rumah?

Umumnya, gunakan ketinggian di ruang TV sekitar 100-110cm dari lantai. Selain itu, sesuaikan juga dengan kebiasaan nonton anggota keluarga. Apakah lebih banyak duduk di sofa atau lesehan di karpet. Hal ini juga menentukan seberapa tinggi peletakan TV di rumah.

Perhatikan Juga Detail Instalasi Elektrikal

Biasanya di dalam ruangan TV akan dilengkapi dengan berbagai perlengkapan elektronik lainnya seperti home theater, audio system, atau peralatan gaming. Pastikan instalasi elektrikal pada ruangan TV sesuai dengan kebutuhan. Misalnya sediakan saklar yang cukup hingga lakukan penataan kabel yang tepat agar tidak mengganggu.

Selain itu, siapkan juga lemari atas meja nakas yang bisa menjadi tempat penyimpanan kabel dan perlengkapan lainnya. Dengan penataan yang tepat, ruang TV jadi lebih estetik dan kegiatan nonton bersama keluarga juga lebih nyaman.

Jangan Lupa Perhatikan Arah Datangnya Cahaya

Dalam melakukan penataan tata letak TV, jangan lupa sesuaikan juga dengan arah pencahayaan, baik itu alami maupun buatan seperti lampu. Posisi sumber cahaya yang baik adalah pada sisi kanan atau kiri TV. Hindari meletakkan TV yang membelakangi sumber cahaya karena akan membuat silau dan tidak nyaman saat menonton.

Saat memilih lampu untuk ruang TV, sebaiknya gunakan lampu plafon yang dinilai menjadi opsi lebih baik dibandingkan lampu gantung. Terlebih jika langit-langit ruangan tidak terlalu tinggi untuk mencegah efek terlalu silau.

Maksimalkan Kenyamanan dengan Desain Tempat Duduk yang Tepat

Hal selanjutnya yang wajib jadi perhatian adalah desain tempat duduk yang tepat saat menonton TV. Jika memilih sofa untuk bersantai sambil menonton TV, pilih jenis sofa bed yang bisa digunakan bersama keluarga. Namun, jika lebih memilih menggunakan karpet agar bisa menampung keluarga lebih banyak, nggak ada salahnya juga menyiapkan bean bag dan bantal untuk mendukung kenyamanan.

Dengan penataan yang tepat, ruang TV minimalis dengan space terbatas bisa tetap membuat acara nonton bareng keluarga semakin nyaman. Yuk, mulai praktikkan!

 

Baca Juga : 6 Adegan di Trailer Guardians of the Galaxy Vol. 3 yang Bikin Kita Bertanya-tanya, Ada Tangis Sedih

By admin