No Widgets found in the Sidebar
drakortv

Suka memacu adrenalin dengan menonton film bertema horor? Yuk, adu nyali dengan menonton 27 film horor Indonesia terbaik berikut ini.

Film horor jadi salah satu andalan ketika kumpul bersama. Suasana yang mencekam di tengah keheningan membuat genre satu ini termasuk dalam kategori menantang namun tetap bikin penasaran.

Yang lebih menarik lagi, negara yang berbeda punya khas film horor yang berbeda pula. Karenanya, genre horor kadang memiliki sub-genre horor Thailand, horor Jepang, horor Barat, dan tentunya film horor Indonesia. Dianggap menyeramkan karena karakternya berasal dari negara sendiri, genre horor Indonesia jadi pilihan yang digandrungi kaum pencinta film.

Genre horor sudah jadi langganan perfilman Indonesia sejak dulu, Toppers! Nggak heran, sekarang sudah banyak judul-judul film yang dianggap legendaris dan ‘keramat’. Nah, untuk kamu yang sedang cari inspirasi film horor untuk ditonton. Simak 27 film horor Indonesia yang patut banget masuk dalam watchlist-mu!

Daftar Film Horror Indonesia Terbaik

Dari tahun 80-an hingga yang terbaru, ini dia deretan film horor Indonesia yang paling direkomendasikan!

1. Pengabdi Setan – 1980

Pengabdi Setan yang dirilis pada 1980 adalah film horror Indonesia yang sangat populer pada masanya, bahkan di tingkat Internasional. Saking suksesnya, film ini dibuat kembali pada 2017 dengan judul yang sama, dan mendulang kesuksesan.

Film horror Indonesia satu ini menceritakan tentang sebuah keluarga yang kaya raya namun jauh dari agama. Keanehan di keluarga ini mulai terungkap saat sang ibu meninggal.

Mulai dari penampakan kuntilanak, hingga sosok pembantu baru yang misterius, dan terbunuhnya penjaga rumah semakin memberikan teka-teki aneh untuk mengungkap latar belakang yang disembunyikan oleh keluarga ini.

2. Ratu Ilmu Hitam – 1981

Berbicara film horror Indonesia terbaik, tak akan lengkap rasanya jika tak memasukkan film yang dibintangi ratu horror Indonesia, Suzzana. Ratu Ilmu Hitam yang dirilis pada 1981 adalah salah satu film Suzzanna terbaik yang berhasil menyabet penghargaan sinematografi terbaik dan nominasi aktris terbaik pada FFI 1982.

Film horror Indonesia ini berkisah tentang Murni, gadis desa yang dibakar dan dibuang ke jurang oleh penduduk karena diduga menganggu sang mantan kekasih dengan menggunakan ilmu hitam.

Beruntungnya Murni diselamatkan seorang dukun yang ternyata adalah orang yang menggunakan ilmu hitam tersebut. Dihasut untuk membalas dendam, Murni akhirnya mempelajari berbagai ilmu hitam dari sang dukun hingga dijuluki Ratu Ilmu Hitam.

3. Malam Satu Suro – 1988

Film horor legendaris ini diperankan oleh sang aktris nomor 1 di industri film horor Indonesia, Suzanna.

Film yang dirilis pada tahun 1988 silam ini berkisah tentang Suketi (Suzanna) yang menjadi sundel bolong dan gentayangan akibat dibangkitkan dari kubur oleh dukun Jawa bernama Ki Rengga.

Suketi lalu ditancapkan paku keramat dan dibangkitkan karena Ki Rengga menginginkan anak angkat.

Cerita semakin menegang ketika paku di kepala Suketi dicabut yang membuat ia kembali menjadi hantu. Merasa kebahagiaannya dirusak, Suketi perlahan mulai balas dendam kepada orang-orang yang mengganggu keluarganya.

4. Jelangkung – 2001

Film Horror Indonesia terbaik yang pertama diangkat dari urban legend populer di Indonesia, Jelangkung.

Mengusung judul yang sama, film horror Indonesia ini awalnya tidak dibuat untuk bioskop dan ditayangkan di TransTV yang waktu itu belum mengudara secara  nasional. Kualitasnya kemudian membawa film ini ke layar bioskop dan mendulang kesuksesan.

Jelangkung mengisahkan tentang emapat sekawan yang memang tengah berburu tempat-tempat angker guna mendapatkan pengalaman mistis.

Sayangnya, hal tersebut nggak mereka dapatkan sampai pada kunjungan mereka ke desa Angkerbatu di Jawa Barat.

Singkat cerita, Soni, salah satu dari empat sekawan tersebut memutuskan untuk menggunakan ritual Jelangkung untuk mendapatkan ilmu gaib. Setelah itu, justru malapetaka yang akan menghantui empat sekawan ini.

5. Bangsal 13 – 2004

Bangsal 13 adalah film horror Indonesia yang bercerita mengenai dua orang sahabat Nat dan Mina yang tak sengaja menabrak seorang gadis bernama Hera.

Nat dan Mina kemudian membawa ke rumah sakit untuk mengobati Hera. Sayangnya rumah sakit yang mereka kunjungi penuh sehingga suster terpaksa membuka bangsal yang selama itu tertutup, yaitu Bangsal 13.

Keanehan di Bangsal 13 mulai terasa saat suster memberikan pesan-pesan yang tak masuk akal seperti tidak mengindahkan ketukan dari luar dan juga tidak boleh mengetuk pintu dari dalam.

Sayangnya, Nat melanggar kedua hal tersebut dan kengerian mulai meneror mereka di Bangsal 13.

6. Mirror – 2005

Film horror Indonesia terbaik selanjutnya adalah Mirror yang dirilis pada 2005. Film horror yang dibintangi Nirina Zubir ini bercerita mengenai Kikan, anak SMA yang tiba-tiba memiliki kemampuan supranatural untuk melihat kematian seseorang hanya lewat pantulan cermin.

Bermula dari tetangga Kikan yang bayangannya tak terlihat di cermin dan kemudian meninggal, Kikan mulai banyak melihat kematian orang-orang terdekatnya.

Semua semakin menjadi menyeramkan ketika Kikan tak bisa melihat bayangannya sendiri di cermin. Akankah Kikan selamat dari maut yang mengejarnya?

7. Kuntilanak – 2006

Film horror Indonesia selanjutnya yang bisa dikategorikan sebagai film horror terbaik adalah Kuntilanak yang dibintangi Julie Estelle. Film horror Indonesia satu ini mengisahkan Samantha, gadis broken home yang memutuskan untuk keluar dari rumah dan pindah ke sebuah kost-kost-an misterius.

Tak disangka, Samantha ternyata memiliki garis keturunan untuk memanggil Kuntilanak. Ditambah lagi, keluarga pemilik Kost tersebut ternyata pernah melakukan pesugihan kepada Kuntilanak.

Keanehan makin terjadi pada Samantha yang didalam kamarnya terdapat cermin keramat, yang menjadi penghubung dunia manusia dan dunia gaib. Bagaimana kelanjutan teror Kuntilanak dalam kehidupan Samantha? Cari tahu jawabannya di film horror Indonesia Kuntilanak.

8. Pocong 2 – 2008

Genre horor di Indonesia sempat vakum untuk beberapa tahun. Namun pada tahun 2008, film Pocong 2 yang cukup menyeramkan ini dirilis.

Film Pocong yang pertama tidak lulus sensor KPI dan Pocong 2 ini merupakan film recycle dari film tersebut. Film horor ini dibintangi oleh Revalina S. Temat dan Risty Tagor dan dijamin akan membuat penontonnya takut.

9. Macabre/Rumah Dara – 2009

Rumah Dara atau yang memiliki judul lain Macabre adalah film horror yang merupakan lanjutan dari sekuel lepasnya pada film antologi horror Indonesia, “Takut”. Berbeda dengan genre film horror Indonesia yang biasanya berkutat pada hantu dan setan, Rumah Dara lebih mengususng tema thriler dengan karakter antagonis berupa seorang psikopat.

Film horror Indonesia ini menceritakan sepasang suami istri dan bayi mereka yang hendak berlibur ke Bandung bersama teman dan saudara mereka. Ditengah perjalanan, mereka bertemu Maya, seorang gadis yang mengaku baru saja dirampok.

Berniat menolong Maya, mereka kemudian mengantarkan Maya pulang kerumahnya. Di rumah tersebut, seorang wanita misterius bernama Dara menyambut mereka. Disinilah satu persatu mereka terjebak dalam permainan Dara yang menjadikan nyawa sebagai taruhannya.

Untuk yang nggak kuat adegan penuh darah dan pembunuhan, film horror Indonesia satu ini mungkin harus kamu hindari.

10. Keramat – 2009

Keramat adalah film horror Indonesia karya sutradara Monti Tiwa yang masuk kedalam jajaran film horror terbaik Indonesia selanjutnya.

Berkisah tentang sebuah tim produksi film yang tengah melakukan pre-shooting di sebuah desa terpencil di Bantul.

Sayangnya, banyak  konflik yang terjadi diantara tim, mulai dari molornya jadwal hingga ketidaksepahaman naskah.

Konflik makin menjadi-jadi saat salah satu pemain kemudian mengalami kerasukan. Untuk menyelamatkan pemain tersebut mereka terpaksa menemui paranormal dan akhirnya terjebak di dalam hutan yang penuh keanehan dan juga misteri.

11. Pintu Terlarang – 2009

Satu lagi karya Joko Anwar yang layak di sebut sebagai film horror terbaik Indonesia. Dirilis pada 2009, Pintu Terlarang yang dibintangi Fahry Albar dan Marsha Timothy ini bercerita tentang seorang pematung sukses bernama Gambir.

Ia terkenal karena karya-karya patung yang bertemakan ibu hamil. Ia mendapatkan inspirasi mematung sosok ibu hamil dari tragedi gugurnya jabang bayi Talyda, sang Istri. Sosok patung yang begitu hidup kemudian menimbulkan tanda tanya, terlebih ketika kejadian-kejadian aneh mulai menghantui Gambir.

Hingga akhirnya terungkap fakta bahwa didalam setiap patung ibu hamil yang Gambir buat ternyata terdapat janin bayi yang ia dapatkan dari klinik Aborsi. Film horror Pintu Terlarang layak dikatakan sebagai film horror terbaik karena sepanjang film akan menyajikan misteri yang berbagai teka-teki yang bakal menguras imajinasimu.

12. Modus Anomali – 2012

Sebuah keluarga tengah berlibur disebuah villa kecil di tengah hutan. Liburan mereka awalnya terasa sangat menyenangkan sampai akhirnya mereka semua terbunuh. Saat itulah muncul sosok Evan yang tiba-tiba hilang ingatan dan dihadapkan oleh berbagai bukti bahwa baru saja terjadi pembunuhan mengerikan.

Mulai dari rekaman terbunuhnya seorang wanita, serta berbagai senjata yang tampaknya baru saja digunakan untuk membunuh.

Siapakah sebenernya Evan? Dan mengapa keluarga tersebut dibunuh? Teka-teki inilah yang akan Toppers temui jawabannya lewat film Horor Modos Anomali karya Joko Anwar.

13. Danur: I Can See Ghost – 2017

Film Danur: I Can See Ghost merupakan film horor yang diadaptasi dari novel karya Risa Saraswati. Film ini merupakan kisah nyata tentang pengalaman Risa dalam melihat hantu.

Karena kemampuannya tersebut, Risa mampu berkenalan dan berinteraksi dengan teman-teman gaibnya seperti Peter, William, dan Janshen.

Film ini berhasil masuk box office berkat kesuksesannya dan dilanjutkan dengan sekuelnya yaitu film Danur 2: Maddah dan Danur 3: Sunyaruri.

14. The Doll 2 – 2017 

The Doll 2, film horror yang hadir setelah kesuksesan sekuel pertamanya ini bercerita mengenai teror dari boneka mistis bernama Sabrina. Dibintangi oleh Luna Maya yang berperan sebagai Maira, seorang ibu yang baru saja kehilangan sang anak karena tragedi kecelakaan.

Setelah kejadian malang, boneka Sabrina milik sang anak mulai terlihat aneh. Boneka Sabrina mulai terlihat sering berpindah tempat sendiri. Keanehan yang semakin banyak pada boneka Sabrina membuat Maira mulai menganggap roh Kayla, sang anak terperangkap di dalam boneka tersebut.

Tapi, apakah benar roh Kayla yang berada di dalam boneka Sabrina? Cari tahu kelanjutannya lewat film horror Indonesia terbaik satu ini, ya.

15. Pengabdi Setan 1 – 2017

Film besutan Joko Anwar ini adalah prequel dari film berjudul serupa yang tayang pada tahun 1981.

Ceritanya berkisah tentang seorang ibu yang jatuh sakit dan akhirnya meninggal. Belakangan diketahui jika sang ibu merupakan seorang pengikut sekte pemuja setan.

Di tahun 2017, film ini disebut sebut sebagai salah satu film horor paling seram yang tayang sepanjang tahun 2017-2018. Sekuelnya, Pengabdi Setan 2: Communion, tayang di bioskop pada Agustus 2022 dan diprediksi akan mendulang antusiasme dan kesuksesan yang sama atau bahkan melebihi film pertamanya.

16. Mata Batin – 2017

Film horor Indonesia terbaik berikutnya berjudul Mata Batin. Film ini bercerita tentang seorang gadis kecil yang mengaku sering melihat arwah di rumahnya.

Ketika sang kakak mengkonsultasikan permasalah adiknya pada orang pintar, akhirnya dia mengetahui jika rumahnya memang dipenuhi oleh arwah gentayangan setelah mata batinnya dibuka.

Film ini punya cerita mencekam dan penuh dengan kejutan yang bisa membuat kamu takut ke kamar kecil di waktu malam.

17. Kafir: Bersekutu dengan Setan – 2018

Kafir merupakan film horor Indonesia yang meraih banyak pujian karena filmnya yang cukup mencekam. Film ini berkisah tentang satu keluarga yang mengalami kejadian tak terduga. Pada suatu hari, sang bapak tiba-tiba mengeluarkan beling dari mulutnya dan meninggal dunia.

Sejak saat itu, kehidupan keluarga tersebut berubah. Sang ibu mulai mendapat kejadian-kejadian aneh dan mistis.

Mereka sekeluarga pun berusaha memecahkan hal mistis yang terjadi dengan meminta pertolongan dukun kampung, yang justru turut membawa petaka.

18. Suzanna: Bernapas dalam Kubur – 2018

Film Suzanna: Bernapas dalam Kubur merupakan film horor yang dibuat untuk kamu bernostalgia mengenang ratu aktris horor Indonesia, Suzanna.

Film ini berkisah tentang keluarga Satria (Herjunot Ali), yang bekerja sebagai manajer di sebuah pabrik. Ia tinggal bersama Suzanna (Luna Maya) yang juga bekerja di pabrik tersebut.

Satria pun menikah dengan Suzanna. Saat Suzanna hamil, Satria harus meninggalkannya untuk dinas ke Jepang. Saat sang suami dinas, Suzanna harus menghadapi segerombolan penjahat yang tak sengaja membunuhnya. Suzanna pun bangkit untuk membalaskan dendamnya.

19. Sebelum Iblis Menjemput – 2018

Film sebelum iblis menjemput merupakan film horor yang akan membuatmu berteriak ngeri karena film ini merupakan film horor dengan campuran genre thriller dan gore.

Film yang diperankan Chelsea Islan ini bercerita tentang seorang perempuan bernama Alfie yang dihantui masa lalunya yang kelam.  Ibunya telah wafat dengan misterius dan ayahnya bernama meninggalkannya untuk menikah kembali dengan perempuan lain.

Pada suatu hari, Alfie mendapat kabar bahwa ayahnya sakit misterius. Sejak saat itulah terungkap bahwa terdapat rahasia mengejutkan yang mungkin akan membawa mereka ke nasib yang lebih mengerikan.

20. Jailangkung 2 – 2018

Cerita film ini berawal dari cerita seorang anak bernama Tasya (Gabriella Quinnlyn) yang berusaha memanggil arwah mendiang ibunya karena ingin sekali bertemu. Jefri Nichol, Amanda Rawles, dan Lukman Sardi turut memeriahkan film horor yang satu ini.

21. Ratu Ilmu Hitam – 2019

Meskipun memiliki judul yang sama dengan film Ratu Ilmu Hitam tahun 1981, Ratu Ilmu Hitam (2019) garapan sutradara Kimo Stamboel yang ditulis oleh Joko Anwar ini memiliki cerita yang berbeda.

Dimainkan oleh Ario Bayu, Tanta Ginting, Sheila Dara, dan aktor dan aktris terkenal lainnya, film ini siap membawa kamu ke sebuah kisah yang menegangkan tentang sebuah panti asuhan di pinggir kota.

22. Perempuan Tanah Jahanam – 2019

Film yang rilis pada tahun 2019 ini bercerita tentang kisah dua sahabat, Maya dan Dini yang lolos dari upaya pembunuhan yang keji.

Setelah lolos dari upaya pembunuhan tersebut, Maya pergi ke desa asalnya untuk untuk mengunjungi rumah yang diwarisi untuknya.

Sesampainya di desa, Ia mendapati banyak kejadian aneh menimpanya. Tak hanya itu, tetapi satu persatu masa lalu mereka yang mengerikan pun mulai terungkap.

23. Sunyi – 2019

Dirilis di tahun 2019, film ini merupakan adaptasi dari film Korea Selatan berjudul Whispering Corridors.

Tak sekedar film seram, cerita di film ini mengangkat tentang isu perundungan atau yang kerap disebut bullying. Angga Yunanda, pemain film pemenang piala citra, Dua Garis Biru, hadir sebagai pemeran utama di film ini.

24. Mangkujiwo – 2020

Penasaran dengan awal mula adanya Kuntilanak? Mangkujiwo karya Azhar Kinoi Lubis mengisahkan tentang cerita tersebut.

Di film ini, Roy Marten bersama dengan Sudjiwo Tedjo beradu peran, menghasilkan film horor yang intens dan menegangkan. Patut untuk ditonton!

25. Sebelum Iblis Menjemput Ayat 2 – 2020

Berkat kesuksesan film Sebelum Iblis Menjemput, lahirlah sequel dari film tersebut yang berjudul Sebelum Iblis Menjemput Ayat 2.

Timo Tjahyanto di film ini berperan sebagai sutradara sekaligus penulis skenario. Mengangkat mitologi tentang iblis, film ini memiliki pace yang cepat, yang membuat penonton terus tertarik dengan ceritanya. Istilah gaulnya, gak dikasih kendor.

26. Surat dari Kematian – 2020

Film horor ini merupakan salah satu film terbaru yang dirilis pada tahun 2020. Surat dari Kematian ini cukup unik dan dibintangi oleh Endy Arfian dan Carissa Perusset.

Film ini menceritakan sekelompok mahasiswa di Yogyakarta yang menyelidiki legenda hantu Mbak Rohanna di Jembatan Perawan.

27. KKN Desa Penari – 2022

Berawal dari kisah yangn sempat viral di Twitter, KKN Desa Penari memecahkan rekor sebagai film dengan jumlah penonton terbanyak yang mencapai lebih dari 9 juta penonton.

Film KKN Desa Penari mengisahkan 5 mahasiswa yang melakukan KKN di sebuah desa terpencil meskipun sudah diperingati agar tidak ke desa itu.

Ketika program KKN berlangsung, kejadian aneh dan menyeramkan silih berganti terjadi. Ternyata, desa ini dikuasai oleh Badarawuhi. Sosok tersebut adalah siluman ular yang menguasai Desa Penari setelah diusir Kerajaan Pantai Selatan karena merasuki salah satu penari di timur pulau Jawa.

 

Itulah daftar film horor Indonesia terbaik yang boleh jadi referensi tontonanmu, Toppers. Film horror Indonesia mana yang jadi favoritmu?

By admin